Toyota Supra Produksi Pertama, Terjual Rp 29 Miliar!

Gila! Harga segitu pantasnya untuk Ferrari atau Lamborghini klasik, yang jumlahnya hanya tinggal hitungan jari. Tapi ini tidak, melainkan harga untuk sebuah Toyota Supra generasi terbaru, yang baru saja debut pekan lalu. Ya, unit pertama keluar dari lantai pabrik, diputuskan dijual melalui proses pelelangan.

Hasil penjualan disumbangkan sepenuhnya untuk amal. Semua proses dilakukan oleh 48th Annual Barrett-Jackson Auction di WestWorld of Scottsdale. Kegiatan ini untuk mendukung American Heart Association (AHA) dan Bob Woodruff Foundation (BWF) yang menolong para veteran perang.

Supra produksi nomor 1 itu, terjual $2,1 juta atau setara Rp 29 miliar. Jauh melampaui harga reguler mulai dari $49.990 (Rp 704 jutaan) sampai $53.990 (Rp 760 jutaan) di pasar Amerika Serikat. Pastinya, Supra yang dilelang, berbeda dari produksi lainnya. Banyak keistimewaan yang membuatnya pantas dihargai semahal itu.

Diberi nama “Global #1”, jelas menjadi Supra produksi pertama di dunia. VIN number 20201, menjadi angka mahal bagi sang pembeli yang tidak diberi tahu identitasnya. Angka “2020” mengacu pada model tahun GR Supra yang dipasarkan sekarang ini. Sementara “1” menunjukkan model produksi pertama.

Tentu saja dibedakan dari unit produksi Supra lainnya, yang bakal dijual ke belahan dunia lain. Warnanya kombinasi satu-satunya, berupa laburan car matte gray di eksterior, merah di spon dan matte black untuk pelek. Di bagian dalam, bertemakan warna hitam dan merah juga, plus beberapa aksen serat karbon. Dijamin, tidak ada Supra lain dibuat khusus seperti ini. Kecuali pemiliknya sendiri yang sengaja mengubah. Namun nomor VIN tak dapat dibohongi.

Bagian eksklusif lain, tertera bubuhan tanda tangan CEO Toyota, Akio Toyoda, di cover mesin. Pemenang lelang juga menerima keanggotaan VIP balap di sirkuit, termasuk baju balap profesional, tanda masuk VIP menuju ajang Toyota Owners 400 di Richmond Raceway dan kesempatan mengendarai pace car bersama Michael Waltrip.

Tidak ada perbedaan dari sisi mekanis. Seperti model Supra untuk pasar AS, memakai mesin 6-silinder segaris 3,0-liter turbocharger yang berasal dari BMW. Tenaganya sebesar 335 hp dan torsi 495 Nm, ditrasfer ke roda belakang (RWD) melalui transmisi otomatis 8-speed. Akselerasi 0-100 km/jam secepat 4,1 detik, kecepatan puncak dibatasi 248 km/jam.

Bukan hanya Toyota GR Supra produksi pertama yang dilelang dalam acara sama. Unit produksi kesatu Ford Mustang Shelby GT500 juga terjual untuk amal. Namun nilainya tidak setinggi Supra, hanya $1,1 juta atau setara Rp 15,6 miliar. (Odi/Van)

SUMBER : OTO.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *